Rabu, 29 Juli 2009

Geisha


Pernah denger soal “Geisha”? Atau mungkin baru denger? Sebenernya apa sih geisha itu? Aku baru aja baca komik, judulnya Mademmoiselle Butterfly. Tuh komik bercerita tentang kisah cinta seorang geisha.
Geisha adalah seorang gadis yang dijual kepada sebuah rumah geisha. Geisha itu berada di tempat tersebut sampai ada seseorang yang menebusnya, senilai dengan jumlah uang yang dipinjam oleh orang tua geisha itu. Kasian yah! Geisha yang suadah dibeli sepenuhnya akan menjadi milik pembeli. Yang bisa dijual jadi geisha tidak hanya gadis remaja, tapi anak-anak pun bisa jadi geisha. Geisha anak-anak(calon geisha) namanya Hangyoku, kalo yang remaja namanya Ippon.
Di tempat para geisha, nanti akan datang tamu-tamu lelaki. Geisha-geisha akan melayani mereka, misalnya membuatkan teh. Buat teh disana tuh agak ribet lho. Daun tehnya kadang ada yang posisinya berdir itegak, namanya Chabashira. Chabashira itu melambangkan keberuntungan, katanya.
Hiasan rambut yang dipakai geisha juga adalah hiasan khusus lho. Tapi kenapa ya, dandanan geisha kok pake bedaknya putih banget, pake lipsticknya dikit ama di tengah. Jadi kelihatan aneh dech. Hahaha! Tapi itulah budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar